Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Cara Mengajar Guru

Dunia sekarang berada dalam genggaman generasi milenial, generasi ini seringkali di sebut-sebut sebagai generasi yang muncul pada tahun 1980-2000, dalam perkembangannya generasi ini ditandai dengan gaya hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Jika generasi yang disebut dengan generasi  X dan Baby Boomers ditandai dengan gaya hidup yang serba sederhana, maka generasi milenial ditandai dengan gaya hidup yang serba instan. Sehingga secara langsung memberikan dampak yang signifikan kepada generasi milenial saat ini.

      Selain itu generasi milenial harus siap menghadapi revolusi industri yaitu revolusi yang ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi, serta perkembangan sistem digital dan teknologi. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin canggihnya teknologi yang sedang berkembang, pasti membawa perubahan yang cukup signifikan. Salah satunya berdampak terhadap sistem pendidikan Indonesia.

       Dalam menghadapi pengaruh revolusi industri 4.0 sitem pendidikan Indonesia harus melakukan penyesuaian dengan cara reorientasi kurikulum dan menyiapkan pembelajaran berbasis online. Tidak hanya sampai disitu, keberhasilan Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ditentukan juga oleh kualitas dan kompetensi yang dimiliki oleh guru dan dosen dalam menguasai dan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global. Para pendidik dituntut untuk menguasai keahlian, kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global.

     Era revolusi industri 4.0 berdampak sangat besar dalam dunia pendidikan. Pada pelaksanaanya dalam dunia pendidikan, revolusi industri sangat berpengaruh terhadap peran guru dalam melakukan pembelajaran. Peran guru tidak hanya sebagai sumber belajar melainkan guru dapat menjadi fasilitator dalam pembelajaran. Guru dituntut agar dapat menguasai teknologi terkini, penguasaan teknologi dapat memberikan variasi tersendiri dalam menyampaikan suatu materi pelajaran. Gaya belajar generasi milenial saat ini sangatlah berbeda dari generasi sebelumnya. Pembelajaran tidak hanya sebatas ruang di dalam kelas dan terbatas waktu melainkan pada era generasi milineal pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja tanpa terbatas ruag dan waktu.

      Pembelajaran pada era revolusi industri tidak lagi berpusat pada peran guru di dalam kelas. Melainkan berpusat pada peserta didik. Karena setiap peserta didik dapat mengakses pembelajaran dari berbagai macam sumber dan referensi. Setidaknya terdapat lima kualifikasi dan kompetensi guru yang dibutuhkan di era pendidikan 4.0. kelimanya meliputi: (1) Educational competence, kompetensi mendidik/pembelajaran berbasis internet of thing sebagai basic skill di era ini; (2) Competence for technological commercialization, punya kompetensi membawa siswa memiliki sikap enterpreneurship (kewirausahaan) dengan teknologi atas hasil karya inovasi siswa; (3) Competence in globalization, dunia tanpa sekat, tidak gagap terhadap budaya, kompetensi hybrid, yaitu global competence dan keunggulan memecahkan problem nasional; (4) Competence in future strategies, dunia mudah berubah dan berjalan cepat, sehingga punya kompetensi memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa depandan strateginya, dengan cara joint-lecture, joint-research,joint-resources, staff mobility dan rotasi, dan lain sebagainya; (5) Conselor competence, mengingat ke depan masalah anak bukan pada kesulitan memahami materi ajar, tapi lebih terkait masalah psikologis, stress akibat tekanan keadaan yang makin komplek dan berat.

       Dengan demikian, dapat kita ketahui bersama bahwa Revolusi Industri 4.0 berpengaruh terhadap suatu bangsa, khususnya dalam dunia pendidikan. oleh karena itu, perlu ada transformasi mendasar pada sistem pendidikan di negeri ini. Sistem yang dimaksud berupa pendidikan yang benar-benar memberikan ruang kreativitas bagi anak dan guru yang bisa menjadi motivator dan fasilitator dalam meningkatkan kompetensi anak.

Berikut merupakan ilustrasi dari Revolusi Industri 4.0

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

http://kampusdesa.or.id/kompetensi-tenaga-pendidik-dalam-menghadapi-era-pendidikan-4-0/

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s